Read More.. .breadcrumbs {padding: 5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:3px double #e6e4e3;} -->

Rabu, 26 Oktober 2011

Jihad atau Perang Menurut Pandangan Islam

Jihad adalah sebuah perjuangan/berperang dijalan Allah dan membela agama Allah SWT dengan hati yang ikhlas mengharap ridho Allah.

Berabad-abad yang lalu beriringan dengan sejarah kehidupan manusia di bumi, peperangan telah dikenal manusia dari perang antar kabilah, suku, antar etnis, antar bangsa, bahkan sampai perang antar agama.

Di dalam memahami persoalan perang ini muhammad Rasyid Ridho berpendapat bahwa, perang menurut Islam itu mempunyai tujuan untuk membela diri dan menegakkan hak asasi dalam arti kata yang seutuhnya, dan sekaligus menghancurkan kezaliman yang dilakukan oleh para penguasa. Baik karena alasan agama, idiologi, politik, ekonomi, maupun rasial. Islam melarang perang untuk memperoleh banyak pengikut agama atau lainnya, atau menyebarkan faham atau ideologi dalam beragama.

Hukum perang menurut islam ialah wajib atau fardhu 'ain dalam tiga hal, yakni:

1. Apabila musuh telah menyerbu negeri umat Islam, dan dengan demikian fitnah menjadi merajalela.
2. Apabilah kepala negara telah memerintahkan ummat Islam untuk berangkat ke medan perang.
3. Apabila pasukan musuh telah berada dihadapan ummat Islam, maka haramlah ummat Islam lari dari medan perang.

Dalam Islam pertempuran/peperangan tidak dibenarkan membunuh wanita, anak-anak, orang tua dan pemimpin agama yang bersembunyi di rumah-rumah ibadah mereka.

Islam juga melarang dalam pertempuran/peperangan melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan., seperti menyiksa musuh, membunuh hewan dan merusak fasilitas umum.

Selain itu sifat peperangan dalam Islam, bersifat defensif artinya, Islam melarang memulai peperang terhadap suatu umat atau negara. Motivasi perangnya adalah untuk membela Islam atau ummat Islam yang mendapat perlakuan atau kekerasan oleh suatu kaum atau negara yang memerangi umat Islam. Perang ini dapat dinamakan Jihad Fii sabilillah. Serta motivasi Islam dalam perang adalah untuk melawan kezaliman dan kebathilan untuk menegakkan kebenaran dan keadilan.

0 komentar:

Posting Komentar