Read More.. .breadcrumbs {padding: 5px 5px 5px 0px; margin: 0px 0px 15px 0px; font-size:95%; line-height:1.4em; border-bottom:3px double #e6e4e3;} -->

Rabu, 26 Oktober 2011

Fungsi Seni


Seni merupakan kebutuhan hidup yang penting.
1.   Seni dan kebutuhan pokok
v  Pangan (makanan)
Bentuk makanan yang cantik tentu menggugah selera makan. Maka dari itu bentuk makanan harus memiliki unsure seni.
v  Sandang (pakaian)
Pakaian merupakan suatu gengsi, lambing status sosial manusia. Selain itu, pakaian dikenakan manusia berdasarkan pertimbangan nilai-nilai moral dan kesopanan yang dianut oleh masyarakat.
v  Papan (Tempat Tinggal)
Rumah dibuat dari berbagai komponen bahan yang diperoleh dari lingkungan alam dan disusun secara artistik. Semua bagianrumah ditata sedemikian rupa sehingga nyaman ditinggali dan berfungsi sebagai identitas sosial budaya.
2.   Seni dan Kebutuhan Sosial
v Pendidikan seni
Seni memiliki fungsi yang dapat dirasakan secara langsung bagi manusia. Fungsi secara langsung dapat dirasakan adalah media untuk berekspresi diri, berkomunikasi, bermain, dan menyalurkan bakat yang dimiliki. Secara tidak langsung, manusia dapat memperoleh manfaat pendidikan melalui pengembangan berbagai kemampuan dasarnya untuk belajar.
v  Keagamaan
Setiap aga memiliki pedoman tata cara beribadah dan tempat ibadah. Tempat ibadah sebagai karya seni bangunan merupakan ungkapan manusia yang mengandung nilai-nilai keindahan, disamping nilai0nilai religi.
v  Ritus Kehidupan
Setiap manusia yang berbudaya, termasuk masyarakat nusantara yang berada di berbagai daerah, memiliki upacara atau ritual yang berkaitan yang berkaitan dengan lingakaran hidup manusia. Dalam upacara tersebut banyak karya seni yang terlibat.






0 komentar:

Posting Komentar